Rabu, 30 November 2011

Tugas Karangan SCORE First Batch!

Apa yang kamu lakukan apabila diberikan atau memiliki dua puluh orang anggota di Organisasi yang kamu pimpin??

Yang akan saya lakukan apabila diberi atau memiliki dua puluh anggota yang saya pimpin adalah Insya Alloh menjadikan anggota tersebut partner yang handal, profesional, loyal, produktif, keluarga, teman, teman seperjuangan, dan lain-lain.

Tentunya tidak mudah untuk mencapai atau meraih apa yang saya katakan di atas. Oleh karena itu, diperlukan strategi, usaha, upaya, dan langka konkret untuk mencapainya.
Pertama-tama yang saya akan lakukan adalah membuat kami semua lebih dekat, kompak, atau bisa dikatakan menjadi kelurga. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk itu, misalnya pertama-tama melakukan bonding dan proses perkenalan satu sama lain agar kita semua tahu karakter dari tiap individu masing-masing. Dengan begitu diharapkan kita semua tahu kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga bisa saling melengkapi dan memaksimalkan potensi yang ada menutupi kekurangan dan kelebihan yang lain.

Loyal, pastinya semua ketua sangat berharap semua anggota yang ada di organisasi yang dia pimpin loyal terhadap organisasinya. Namun tentunya tidak mudah untuk mencapainya. Strategi atau langkah konkret yang kan saya lakukan untuk berusaha membuat para anggita saya loyal terhadap organisasi yang saya pimpin atau organisasi yang kami semua jalankan adalah
Pertama, menampung aspirasi dari semua anggota. Apa yang mereka inginkan atau ide atau gagasan apa yang ada dallam pikiran mereka yang bisa atau ingin mereka lakukan terhadap organisasi ini. Bersama-sama sharing dan bertukar pikiran, sehingga tiadaka da yang merasa bahwa organisasi ini hanya dimiliki oleh beberapa orang saja., tapi dengan cara demikian diharapkan semua gagasan dan atau ide-ide kreatif dari setiap orang bisa dilaksanakan dan menjadi proker atau plan of action dari organisasi kami, sehingga diaharpakan semua anggota mempunyai rasa memiliki dan peduli terhadap organisasi ini, karena didalamnya terdapat mimpi-mimpi kreatif yang ingin kami semua capai bersama-sama.
Selain itu, rutin melaksanakan evaluasi, sharing semua anggota minimal dua kali dalam satu bulan. Deangan cara demikian, diharapkan kita bisa menjaga komunikasi dan silaturahim antar sesama anggota. Juga bisa saling mengevaluasi dan juga mendiskuksikan hal-hal yang mungkin memang perlu didiskusikan dan perlu dibicarakan bersama dalam rangka mendapatkan solusinya. Saling curhat atau bercerita mengenai pa saja yang dialami oleh setiap anggota, kesulitan, masalah, kebahagiaan, dan lainnya. Dengan demikian, diharapkan apabila ada bentrok atau ada diantara anggota yang mungkin terjadi maslaah atau mungkin dengan pihgak luar, atau siapa pun, bisa bersama-sama mencari solusinya sehingga hubungan kekeluargaan semakin baik dan semuanya merasa saling menyayangi dan memiliki terhadap anggota dan menganggap bahwa kami semua dalah keluarga.
Selain itu juga, minimal satu kali dalam dua bulan melaksanakan bonding. Tujuannnya untuk menjaga dan lebih menyatukan lagi antar sesama anggota. Juga untuk merefresh semua anggota dalam rangka mencegah terjadinya kejenuhan. Sehingga senantiasa semangat dan mempunyai semangat juga ide dan gagasan baru untuk organisasi kami semua.

Profesiona, Handal
Langkah konkrit yang bisa dilaksanakan adalah dengan melakukan upgrading minimal  satu kali dalam dua bulan. Dengan demikian, diahrapkan tentunya kualitas SDM dari semua anggota meningkat dan bertambah. Selain itu, tentunya bahwa untuk menambah ilmu, wawasan, dan pengetahuan dari setiap anggota dan mengaplikasikannya dalam organisasi yang kami jalankan. Hal ini sangat penting berkaitan tentunya dengan ilmu itu sendiri yang tidak terbatas dan tentunya semakin perlunya akan kebutuhan dalam menjalankan organisasi yang kami jalankan bersama-sama.

Produktif
Langkah konkretnya yaitu dengan cara melaksanakan semua rencana, proker, plan of action yang merupakan mimpi-mimpi, gagasan , dan ide-ide dari semua anggota sesuai dengan jadwal dan rencana. Selain itu, tentunya juga diperlukan evaluasi dan reminder sehingga kita semua selalu ingat dan berusaha melaksanakannnya dengan baik dengan belajar dari evaluasi dan kekurangan-kekurangan kegiatan yang sudah terlaksana sebelumnya-sebelumnya.

Semoga kedepannya saya meiliki ide-ide, strategi yang bisa dilaksanakanan untuk organisasi say da anggota saya, selain hanya yang saya tulis diatas, agar visi misi organisasi kami tercapai Amiin :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar